Rabu, 25 Februari 2015

JOD DISCRATION PROMKES



PEMERINTAH KABUPATEN NGAWI
DINAS KESEHATAN
UPTD
PUSKESMAS NGRAMBE
Alamat : Jln. Diponegoro No. 18C. Ngrambe-Ngawi  63263 (0351) 730118  Email:puskesmasngrambe@gmail.com
URAIAN TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB KARYAWAN DI PUSKESMAS

1.       NAMA JABATAN                              :  PELAKSANA PROMOSI KESEHATAN     
2.       UNIT ORGANISASI                           : PUSKESMAS NGRAMBE
3.       RINGKASAN TUGAS                        :
a.    Membina dan mengembangkan UKBM, mengkoordinasikan kegiatan promosi kesehatan dilingkup kerja, dan mengembangkan Kemitraan kemitraan
b.    Mengelola kegiatan Jaminan Kesehatan Masyarakatl di Puskesmas
c.     Mengelola system informasi kesehatan di lingkup kerja.

4.       HASIL KERJA       :
a.    Terlaksananya  kegiatan upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat (UKBM)
b.    Terlaksananya kegiatan Promosi kesehatan, dilingkup kerja puskesmas baik dalam gedung dan luar gedung.
c.     Terlaksananya upaya pengembangan kemitraan diwilayah kerja puskesmas.  
d.    Terlaksananya upaya pengembangan jaminan kesehatan masyarakat  diwilayah kerja puskesmas.
e.    Terlaksananya  kegiatan system informasi kesehatan  di lingkup kerja.

5.       RINCIAN TUGAS                                               :
A.      TUGAS POKOK
1.    Membina dan mengembangkan Pos Pelayan Terpadu (Posyandu), generasi Muda dalam Pembangunan Kesehatan (Saka Bakti Husada), kesehatan pondok pesantren (poskestren), peningkatan peranan wanita dalam pembangunan kesehatan (P2WPK), pemanfaatan tanaman obat keluarga (TOGA), pengawasan pengobatan tradisional (BATRA), pos obat desa (POD), Polindes Serta bentuk upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat lainnya.
2.    Melakukan koordinasi lintas program dan lintas sektor dalam melaksanakan promosi kesehatan melalui berbagai metoda, terhadap berbagai kelompok potensial, Dunia Swasta dan lembaga swadaya masyarakat serta mitra kerja; meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang kesehatan dan pengembangan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS); menciptakan dan mengembangkan desa siaga, desa sehat, kecamatan sehat dan kabupaten sehat;melaksanakan promosi bahaya narkotika, psikotropika dan at berbahaya serta penyakit HIV AIDS dan penyakit berbahaya lainnya.
3.    Melaksanakan koordinasi lintas program dan lintas sektor serta mengembangkan kemitraan dalam melaksanakan pengembangan kemitraan melalui berbagai metode, terhadap berbagai kelompok potensial, dunia swasta dan lembaga swadaya masyarakat serta mitra kerja; menyelenggarakan dan mengembangan program upaya kesehatan sekolah dan program upaya kesehatan gigi sekolah; mengelola dan mensosialisaikan kegiatan  jaminan social masyarakat, membina dan mengembangkan Upaya Kesehatan Kerja (UKK).

B.      TUGAS TAMBAHAN
1.       Mengelola kegiatan jaminan sosial masyarakat.
2.       Mengelola dan mengembangkan sistem informasi kesehatan .
3.       Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh kepala UPTD.

6.       KEADAAN TEMPAT KERJA            :
·      Keadaan Ruangan Kerja          : kurang nyaman
·      Suhu                                                : Baik
·      Udara                                              : Nyaman
·      Penerangan                                 : Baik
·      Suara                                               : Baik

7.       TANGGUNG JAWAB                                       :
a.    Ketepatan waktu dalam menyelesaikan tugas
b.    Kebenaran hasil kerja
c.     Akuransi dan validasi data kegiatan
d.    Kelancaran proses kegiatan

8.       WEWENANG                                                      :
-  Melakuakan kegiatan sesuai uraian tugas dan SOP.

9.       SYARAT JABATAN                                            :
a.    Pangkat/ Golongan                                   : Penata Tk I / IIID
b.    Pendidikan Formal                                    :  Keseahatan Lingkungan  (D III)
c.     Pendidikan dan Latihan                           :
·      Pimpinan                                                 :
·      Teknis dan Fungsional                       : Pelaksana keperawatan
d.    Pengetahuan                                               : SOP (Standard Operasional Prosedur)
e.    Keterampilan                                               : sertifikat kompetensi di bidang kesehatan
f.     Pengalaman Kerja                                     : _
g.    Syarat Kondisi Fisisk                                  : Sehat jasmani dan rohani
h.    Bakat                                                               :
·      G (Intelegensi)                                     : Kemampuan belajar secara umum
·      V (Verbal)                                              : Kemampuan untuk memahami arti kata-kata dan menggunakannya secara tepat dan akurat
·      N ( Numerik)                                        : kemampuan untuk melakukan operasi aritmatika secara tepat dan akurat
·      Q ( Ketelitian)                                      : kemampuan menyerap perincian yang berkaitan dalam bahan verbal atau dalam table
·      K ( Kondisi motor)                              : kemampuan untuk mengkoordinir mata, tangan, dan jari secara cepat dan cermatdalam membuat gerakan yang cepat
·      F ( Kecekatan jari)                              : kemampuan menggerakkan tangan dengan mudah dengan penuh terampil
·      E ( Kondisi mata, tangan, kaki)      : kemampuan menge\gerakkan tangan dan kaki secara koordinatif satu sama lain sesuai dengan rangsangan penglihatan
·      C ( Membedakan warna)                : kemampuan memadukan atau membedakan berbagai warna yang asli yang pemerlapan
·      M ( Kecepatan tangan)                    : kemampuan menggerakkan tangan dengan mudah dengan penuh terampil.
i.      Minat              :
1.    Pilihan melakukan kegiatan-kegiatan dengan benda-benda dan objek
2.    Pilihan melakuakn kegiatan yang berhubungan dengan komunikasi data
3.    Pilihan melakukan kegiatan-kegiatan rutin, konkert, dan teratur
4.    Pilihan melakukan kegiatan-kegiatan yang dianggap baik bagi orang lain
j.    Tempramen  :
·      P                   : kemampuan menyesuaikan diri dalam berhubungan dengan orang lain lebih dari penerimaan dan pembuatan instruksi
·      R                   : Kemampuan menyesuaikan diri dalam kegiatan-kegiatan yang berulang atau secara terus-menerus melakukan kegiatan sama
·      T                    : kemampuan menyesuaikan diri dengan situasi yang menghendaki pencapaian dengan tepat menurut perangkat batas, toleransi, atau standard tertentu.

10.   BUTIR INFORMASI LAIN                                                :
a.    Nama Lengkap dengan Gelar                                : SUGENG  AMKl
b.    NIP                                                                   : 19640202 198810 1 001
c.     Pangkat/Golongan                                    : Penata Tk. I IIId
d.    Pendidikan dan Latihan                           :
·         Pimpinan                                       : _
·         Teknis/ Fungsional                    : Pelaksana Kesehatan lingkungan

Mengetahui Atasan Langsung                                                                                Yang Membuat


dr. RIA ISNAENI                                                                                                            SUGENG, AMKL
NIP.
19701128 200112 2 002                                                                         NIP. 19640202 198810 1001

Tidak ada komentar:

Posting Komentar